Manusia Setengah Salai

Ada yang hobi nonton Naruto gak? Pasti pada tau kan, Naruto dari desa apa? Yap! Konoha alias desa angin. Kalo Gaara? Tentu desa tanah. Kalo gak salah sih ya! Bukan Narutoer soalnya :D

Lu ngapain ndu -_-

Selow kaka! Postingan ini ada hubungannya sama Naruto. Ternyata di Indonesia, ada desa Asap! Bener! Suer! Kalo boong aku cipok polisi tidur!

Pekanbaru. Kota tempatku merantau yang tercinta ini, udah penuh sama asap. Kalau kalian up to date pasti tau dong! Yoi bener, gara-gara pembakaran lahan yang dilakukan tangan-tangan kotor dan otak-otak sampah yang haus harta.

Sumber


sumber

Tau gak? Gara-gara asap yang tebel gitu, sekolah pada diliburin karena PM10 (kadar pencemaran udara) udah terlalu tinggi. Selain itu O3nya juga udah tidak sehat.


BERBAHAYA BROH!!
O3 alias Ozon terbentuk dari 3 molekul Oksigen. Ozon sebenarnya bermanfaat mencegah sinar UV dari matahari yang bisa berbahaya bagi manusia dan lingkungan, misalnya kanker kulit. Tapi, kalau Ozonnya kebanyakan malah jadi bahaya juga. Ozon yang berlebihan bisa menyebabkan gangguan ringan seperti iritasi mata, melemahnya keseimbangan tubuh, hingga gangguan yang berat seperti gangguan otak yang disebabkan hormon serotonin, pembekuan darah, hingga kematian.

Kebetulan nih, Riau baru aja berganti pemimpin. Pak Gubernur baru dilantik. Banyak banget yang demo nyalahin beliau yang tidak keliatan aksinya. Banyak mahasiswa, organisasi, hingga masyarakat yang menyuarakan protes keras. Aksi mereka bernama "GERAKAN MELAWAN ASAP".

FAK!!

Maskeran

Aksi Supersemar 10 Maret

Aksi Sikari (Sindikat Kartunis Riau)

Jalan sehat dimusim sakit

Kemana Pak Gubernur? Wargamu jadi "Manusia Setengah Salai" pak! Setidaknya keluarkan statement resmi pak. Kami bernafas pakai paru-paru bukan insang!!

Mau dong kak di insangin :3

Yah semoga saja yang lagi duduk-duduk di kursi bisa gerak secepatnya. Sudah jelas berbahaya banget ini. Masa harus nunggu sampai ada yang mati? Udah ribuan loh yang kena ISPA!!

Sekian liputan dari mahasiswa numpang di Pekanbaru, Salam Manusia Setengah Salai!!

2 komentar:

  1. Semoga asapnya sampe Jakarta, ngendap di Istana presiden terus presidenya modar

    BalasHapus
  2. Gimana kabarnya bang pandu, setahun sudah saya menghilang dari dunia blogging nih :D

    BalasHapus

Pembaca yang baik adalah pembaca yang meninggalkan jejak komentarnya :D