Inikah Musik Indonesia?



Yang jomblo-jomblo, biasanya jam segini pada bengong. Kalo gak ngetwit, ya paling colok headset denger musik galau. Kasian banget lu mblo #GakSadarDiri. 

Daripada mojokin jomblo (yang udah terpojok), mending ngomongin yang lebih berbobot. Mumpung hari ini tanggal 9 Maret, hari musik nasional #Yeahh. Alangkah baiknya kita bahas bulu mata badainya Syahrini... Eh maksudku tentang musik di negeri kita yang semakin amburadul.

Beberapa taun silam, ketika wajah ini masih unyu-unyu, bulu ketek belom merambat kemana-mana, dan janggut ini belom bergelantungan kayak kambing, aku seneng banget pantengin TV tiap hari. Ketika itu cewe-cewe di film Dono-Kasino-Indro masih bangga memiliki ketek berbulu lebat. Selain itu, ada film laga terbaik sepanjang masa "Wiro Sableng". Tiap hari minggu, bangun tidur langsung cuci sepatu, terus udah melongo depan TV dari jam 6 buat nonton kartun di RCTI, dari Chibi Maruko Chan sampai sampai siang ditutup dengan masquerade (iya ini bukan kartun tapi tetep aja menghibur), bahkan sangking enggan melepas pandangan dari layar, emak suruh mandi aja sampe ngancam pake tali pinggang.

Acara musik masih keren-keren banget, ada MTV dengan musik-musik kerennya. Isinya bener-bener berkualitas, dengan beragam genre, video clipnya pun oke banget. Ada juga acara musik buat anak-anak yang di bawain agnes monica (lupa namanya), yang pantas dinikmati anak-anak kecil.

Semakin kesini, tayangan-tayangan itu hilang. Gak ada lagi kartun, gak ada lagi acara musik anak-anak, bahkan sekarang acara musik buat orang gede udah gak berkualitas lagi. Isinya cuma sekumpulan anak-anak 4l4y yang joget pembantu, diiringi artis pengisi acara (yang kebanyakan lipsing) dangdut kalau gak boyband/girlband. 

Sebenarnya gak ada yang salah dengan girlband/boyband. Aku juga bukan anti-boyband, bukan juga pecinta genre tersebut, aku netral. Cuma disayangkan, kenapa mereka mendominasi hampir di semua acara musik? Yang dijual hanya wajah, tubuh, joget-joget, terus mangap-mangap kayak ikan cupang minta makan. Masalah dangdut, bukan aku tidak cinta Indonesia. Tapi hampir sama dengan girlband, kebanyakan dangdut cuma jual paha dada. Bener gak? Belum lagi anak-anak sekarang gak tau lagu yang pantas dengan usia mereka. Mereka telah dipengaruhi racun cinta. Jadi wajar saja, kehidupan mereka juga terpengaruh. Kecil-kecil udah bisa pacaran, ciuman, bahkan melakukan tindakan seksual.

Mana program MTV yang dulu? Mana band-band keren yang dulu? Mana acara musik untuk anak-anak yang dulu? Mereka sekarang kurang punya wadah untuk mempublish karya mereka. Tidak ada lagi tempat untuk mereka membanggakan kreatifitas mereka. Semua sudah lenyap dimusnahkan Girlband/Boyband. Inikah Indonesia yang katanya kreatif?


Tapi alhamdulillah gak semua yang begitu, masih ada program-program keren. Seperti pencarian bakat X-Factor, Indonesian Idol, Voice Indonesia. Buat anak-anak masih ada Idola Cilik. Salut!!

Postingan gaje ini mungkin sedikit bentuk protes terhadap musik Indonesia. Kasian pak... kasian buk... Adek saya kecil-kecil nyanyinya lagu galau ceribol. Bayangkan beberapa puluh tahun kedepan, gimana nasib anak-anak kita? Mungkin sedikit tulisan gak terlalu penting, tapi yang paling penting : Kami warga negara Indonesia menginginkan hiburan yang layak sesuai selera dan usia dengan banyak pilihan. Kami tidak tahu kepada siapa kami berharap, yang jelas besar harapan kami untuk mendapatkan hiburan dengan musik yang beragam, tidak hanya joget alay, lipsing, paha-dada.

SELAMAT HARI MUSIK NASIONAL

6 komentar:

  1. acara yang dibawain agnes monica itu TRALALA TRILILI... itu acara favorit masa kecil gue! kata mama, dulu gue kalau gak mau makan mama selalu bilang, "nanti mama bilangin kak feri (pembawa acara TRALALA TRILILI bareng agnes, dia juga vocalist Boyband ME yang berkualitas) loh!" dan habis mama bilang gitu, gue langsung doyan makan karena gue demen banget sama acara itu apalagi host-nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya bener tralala trilili.. masi bocah banget waktu itu, jadi lupa wkkwkw... tahun brapaan tuh ya?

      Hapus
  2. Benar sekali itu ndu, musik anak sekarang semakin berkurang satu-satunya kartun yang belum hilang dari peredaran ya Dragon Ball sepertinya itu kartun sepanjang masa :v akakaka
    Anak-anak sekarang di suguhin acara percintaan remaja, jadinya masih kecil udah pacaran -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending cuma pacaran yoh.. lah ini liat aja di berita2 di TV, udah pada cabul.. ngeri

      Hapus
  3. Kalau saya sih fokus ke MTV-nya, soalnya menurut saya MTV Indonesia itu adalah salah satu 'tempat' dimana musisi dan penikmat musik bisa saling menghargai dan berbagi.

    Walau udah hampir dapet KTP, saya juga masih suka kok nonton kartun. Entah kenapa makin hari kartunnya makin dikit aja.

    BalasHapus
  4. yaps bener. itu dia yang paling disayangnkan.. MTV itu keren banget sumpah.. sekarang kita disiksa sama boyband,girlband,dangdutdadapaha. WTF

    BalasHapus

Pembaca yang baik adalah pembaca yang meninggalkan jejak komentarnya :D