Cara Gampang Menjaga Kebersihan

sumber


Ada beberapa orang yang biasa bekerja atau berkarya di suasana ruangan yang amburadul dengan alasan lebih nyaman, lebih mudah dapat inspirasi, atau memang suka dengan yang abstrak dan acak-acakan. Aku salah satunya :D. Jujur aja, aku emang lebih suasana ruangan yang acak-acakan. Tapi bukan berarti juga suka dengan yang kotor ya. Mau se-rapi-rapi-nya ruangan, kalau kotor siapa sih yang suka? Yang ada bukan inspirasi yang didapat, tapi penyakit seperti flu, batuk dan lainnya.

Itu baru ruangan, gimana kalau area yang lebih luas? Seperti kota misalnya, banyak banget masalah yang bakal timbul kalo gak dijaga kebersihannya. Baru-baru ini aja lah liat, kota Jakarta terendam sama yang namanya banjir. Apa coba penyebabnya? Ya itu tadi, kebersihan yang gak dijaga. Sampah berserakan dimana-mana. Got yang fungsinya sebagai drainase aliran air penuh dengan sampah, Sungai yang harusnya jadi sumber air yang bisa dimanfaatin juga penuh dengan sampah. Kalau udah begini, mau nyalahin siapa coba kalo banjir?

Emang sih sampah bukan satu-satunya penyebab banjir, tapi kebersihan paling mudah buat dijaga. Ya mudah kalau pada sadar. Hanya saja manusianya yang susah buat sadar. Ntar kalo udah timbul bencana, baru deh berkoar-koar nyalahin sini situ. Ya seperti itu lah sifat mayoritas manusia.
Buat ngejaga kebersihan itu gampang sebenarnya, gampang banget malah. Kita cuma perlu ngelakuin hal-hal kecil dari dalam diri kita sendiri :

1. Niat

Niat adalah kemauan. Hal yang paling mendasar untuk melakukan ‘aksi’. Dengan adanya niat juga membuat kita iklash ngerjain sesuatu, iklash karena kita emang pengen ngelakuin. Kalo niat aja udah gak ada, gimana mau bersih coba? Itu lah yang terjadi sekarang!! Niat gak ada, jadi males, jadi gak perduli sama lingkungan sendiri.

2. Aksi

Kemauan udah ada tapi gak berbuat apa-apa, ya percuma lah!! Pengen bersih, tapi mungut sampah masih males, gengsi, atau apalah itu namanya, ya gak guna lah!! Kalo cuma niat doang, mending ga usah ngarep dah mau bersih. Kalo emang pengen bersih, gak pengen datang bencana lagi, ayo dong sama-sama kita beraksi. Jangan cuma omong doang. Kalo ada sampah ya dibuang di tempatnya. Kalo ngeliat sampah di jalan, ya dipungut. Gak cuma ngejaga kebersihan, kita juga bakal dicatet sama malaekat sebelah kanan. Keren gak tuh?

3. Saling mengingatkan

Kalo kita udah capek-capek ngejaga kebersihan, terus ada orang lain yang seenaknya ngotorin lagi, sebel gak tuh? Pengen tabok kepalanya pake serokan sampah. Tapi jangan deh, jangan ada kekerasan di antara kita. Mending diingetin aja, kasi tau secara halus. Kalo emang tuh orang punya otak, insyaallah ngerti lah. Tapi kalo gak ada otaknya lagi, ya kembali ke cara pertama, tabok pake serokan sampah!!

4. Repetisi

Kalo point 1 sampai 3 udah dilakuin, tapi cuma hari ini atau seminggu doang, sama aja boong coy. Ulangi terus point di atas. Konsisten sama niat, lakukan dengan aksi, jaga dengan saling mengingatkan. Mungkin kalo kita ngelakuin point-point sederhana di atas berulang-ulang setiap hari, Indonesia bisa jadi lebih bersih, lebih sehat, lebih nyaman.
Udah itu aja sebenarnya yang kudu kita lakuin buat ngejaga kebersihan. Yakin lah dengan kebersihan, kita bakal hidup tenang. Gak bakalan ada itu yang namanya bencana. Satu point penting, dalam agama apapun pasti Tuhan memerintakan untuk menjaga kebersihan. Tuhan sayang sama insannya yang bersih. Dari kita kecil juga udah sering dengar “Kebersihan sebagian dari iman”. Sekarang udah tau kan gampangnya menjaga kebersihan? Masih mau kotor-kotoran? Think again!!

5 komentar:

  1. syiiiip.. niat itu emang yang paling utama :)
    satu aksi mengalahkan seribu kata, mari jaga kebersihan baaaang :D
    SEMANGAAAAAAAAAAAAT!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha..
      from inside itu lebih baik min :D (gak pake mblo lagi)

      Hapus
  2. Niat dan Aksi adalah yang paling penting.
    Jika cuma niat, tapi gak ada aksi sama aja.
    ada aksi tapi gak pake niat, entar kerjaannya malah amburadul.

    BalasHapus
  3. Yang No 3 tuh memang paling nyebelin kadang gak sadar-sadar juga tapi gak mungkin juga di getok -_-

    BalasHapus

Pembaca yang baik adalah pembaca yang meninggalkan jejak komentarnya :D