Cewekus Matreus





Di kantin kampus, pas gue lagi duduk sendiri sambil nyedotin “teh botol sosro” usai mata kuliah bahasa inggris, terdengar teriakan yang suaranya ga asing manggil-manggil nama gue. Suara itu perlahan-lahan terdengar semakin keras ditelinga, menimbulkan perasaan ga enak secara mendadak. Ga salah lagi, si Jono pasti mau minjem duit lagi. Gue tolehkan wajah ke arah asal suara serak serak becek itu. Kan bener, si Jono Supriono berambut catok ala ‘kenjen ben’ (rambutnya kaya disetrika pake mesin ratain aspal) dateng lari-lari ga jelas kaya orang dikejar anjing gila yang siap menerkamnya hidup-hidup (kapan ini jadi kenyataan? Berharap jadi kenyataan). Pengen rasanya kabur, Cuma kasian liat mukanya yang udah melas dari kejauhan. Bukannya pelit, tapi males banget kalo si Jono uda minjem duit. Soalnya kalo minjem nih anak ga cukup 50 ribuan, maunya duit cepe’an. Yah namanya temen deket dari SMA, ga mungkin aku ga bantuin temen kesusahan. Tapi herannya, kayaknya nih anak susah mulu deh.

Don, pinjem cepe’ dong.. butuh banget nih’ si Jono nodong..
‘gila lu, dateng-dateng ga nyapa langsung nodong’ gue protes..
‘ya elaah, iye iye. Hi, Don, apa kabar lu? Lo cakepan deh hari ini. Muka lu uda kaya itu tuh.. artis papan cuci. Eh, papan atas. Pinjem cepe’ dong don, butuh banget nih!!’ si Jono uda mirip maho lagi ngerayu om om tajir berkantong tebal dengan seribu bahasa dan muka tak berdosa..
‘anjrit lu, malah ngatain. Buat apaan? Buat bayarin cewe lo lagi?’ tebak gue dengan pasti..
‘ehmm.. he he he..’ Cuma bisa nyengir ga karuan kaya orang abis kesambet setan pohon jengkol..


Pokoknya kalo cewenya udah minta sesuatu, pasti dia langsung kalang kabut nyari dana buat nyanggupin permintaan tuh cewe. Bukan karena Jono baek atau perhatian ama cewenya, tapi cewenya yang sarap, ampe ngancam macem-macem kalo permintaannya ga dipenuhi. Ditambah si Jono yang guoblok banget mau ama cewe super-duper-matre kaya’ gitu. Bagusnya si Jono jadi ketua P2K2CM (Persatuan Pria Korban Keganasan Cewe Matre). Bakatnya dipelorotin ama cewe patut diancungi jempol (kuda). Kalo dipelorotin celana mah enak. Kalo kaya’ kasus yang satu ini, iihh.. ga banget deh.

Terakhir kali minjem duit, si Jono curhat ke gue kalo cewenya pengen banget beli jam tangan terbaru yang harganya sekitar 2 jutaan. Cewenya ngancem gini

 ‘Jon, lo sayang ga ama gue?’ si Lintah mulai beraksi.
‘sayang dong, emang kenapa?’ si Jono mulai ngerasain suasana menjadi sangat mencekam ibarat di film-film horror, pas kuntilanak mau menampakkan dirinya. Hi hi hi hi...
‘ kalo bener lo sayang, beliin gue jam yang ini dong!!’ sambil nunjuk gambar jam tangan di majalah fashion.
tapi la..’ nama cewenya Lila (Lintah Gila).
masa lo ga mau sih liat cewe lo tampil gaya pake jam itu, kan keren banget, pasti pas banget ama gue, beli ya Jon, kalo lo ga mau, gue nyari cowo laen yang bisa beliin buat gue aja deh. Tapi gue yakin lo pasti mau beliin, lo kan sayang banget ama gue. Iya kan?’ nyerocos ga karuan n ga peduli ama Jono.

Si Jono diem aja dengan mimik wajah memperihatinkannya (udeh dari sononya). Gila nih cewe udah kayak lintah penyedot darah dengan nama latin cewekus matreus yang sangat amat mematikan. Amit amit dah..

Akhirnya si Jono ngebeliin jam tuh pake duit hasil gadaiin Hp plus duit pinjeman dari gue 300 ribu. Sangking dasyatnya serangan lintah penghisap darah itu, ampe-ampe gue yang ga kenal sama sekali dengan tuh lintah, bisa ngerasain gimana rasa sakit disedotin. Ya iyalah, gue yang jadi sasaran tempat minjem duit si Jono. Ya oloh.. untung gue ga punya cewe kaya’ gitu, andai punya yang kaya’ gitu. Wah, bisa stress stadium akhir deh. (catatan : si Jono udah nyampe stadium 3 n gue masi jomblo)

Jono, jono.. sedih amat nasib lo sob . Disuruh putusin tuh cewe, dianya ga mau. Entah jin ifrit mana yang udah ngerasukin tubuhnya. Dulu, sebelum pacaran ama tuh lintah, wuih.. kuliah naek motor ‘scorpio z’, seminggu sekali pasti pake kemeja baru, sepatu baru, jeans baru. Nah, sekarang? Boro-boro mau beli gituan, makan aja masi sering ngutang (kata dasar: hutang. Inget hutang, bukan kutang) di kantin. Trus, pulang pergi kuliah nebeng mulu ama gue. gue pernah nanya ama dia soal motor lamanya.

‘jon, motor lama lo mana? Kok lo jadi nebeng mulu ama gue?’
‘ga usah ditanya deh don, udah hilang ditelen lintah’ gitu katanya.

Sadis banget tuh lintah, ga berperi keLINTAHan. Anak rantau kaya Jono pun disedot juga. Kasian tuh Jono, gara-gara disedotin mulu, jadi kurus ceking kaya cacing atau malah udah kaya tusuk gigi yang dibelah 3 terus kecemplung dalam kecap asin.

‘Sabar deh Jon. Tuhan uda ngasi jalan ama lo. Ya udah jalanin aja’ gue ngledek..

4 komentar:

Pembaca yang baik adalah pembaca yang meninggalkan jejak komentarnya :D