Cool Place in My Hometown


Halo semuanya.. Happy Holiday!!

Postingan kali ini, Aku mau bahas hal-hal keren buat mengisi liburan yang ada di tempat kelahiranku, Kota Tanjungpinang. Mungkin kebanyakan pada gak tau dimana itu Tanjungpinang. Let me show you!!

Kota Tanjungpinang adalah ibukota Provinsi Kepulauan Riau (dulunya gabung sama Riau).  Tanjungpinang terletak di sebelah Kota Batam (tahu dong kalo Batam!!). Kalo dari pelabuhan telaga punggur Batam, naik kapal ferry kira-kira 45-60 menit lah buat nyampe di Kota Tanjungpinang. Kalo ongkos kapal dari Batam itu sekitar 45 ribu Rupiah. Di Tanjungpinang, ada sih bandara namanya Raja Ali Haji Airport, cuma masih kecil, jadinya pesawat yang keluar masuk juga masih terbatas.


Lokasi Kota Tanjungpinang

Sampai di pelabuhan Tanjungpinang yang namanya Pelabuhan Sri Indra Pura, kita akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa oleh pantai buatan. Dari sore hingga malam hari, sepanjang pantai buatan ini akan dipenuhi oleh muda-mudi yang nongkrong di angkringan, ada yang sekedar duduk-duduk nyari angin malam sambil nyemilin jagung bakar (sampe sekarang Aku bingung, kenapa nyari angin sampai ke sini? Dirumah pada krisis angin kah? #skip). Di sekitaran pantai buatan ini (namanya Tepi Laut), juga banyak tempat-tempat makan yang wuenak tenan!! Ada yang namanya Melayu Square, di sini banyak sekali jenis-jenis makanannya, mulai dari yang umum seperti nasi goreng, sampai hidangan laut seperti udang, kepiting, cumi. Minumannya juga gak kalah keren, tapi di sini favoritnya teh tarik. Teh tarik itu sama seperti teh susu namun rasanya khas, ada buih-buihnya gitu. Oh iya, SUNSETNYA MANTAP COY!!


Bang!! Jagung bakar satu!!
Ini penampakan dari atas!!

Sambil ngopi, sambil ngeliatin sunset >.<
Pulau penyengat

Kalo kita duduk-duduk di tepi laut, coba lihat ke arah laut. Ntar kelihatan cahaya-cahaya dari sebuah pulau. Nama pulaunya adalah Pulau Penyengat. Konon kabarnya, nama penyengat ini berasal dari hewan-hewan penyengat (seperti lebah atau tawon) yang menyerang nelayan yang dulu singgah di sana untuk mengambil air minum. Di sana juga tempat kelahiran dan besarnya Raja Ali Haji, yaitu pencipta Gurindam Dua Belas (kalo pengen tahu coba Google aja :)), dan beliau adalah seorang Raja sekaligus penyair yang menciptakan kamus modern yang menjadi tombak awal mulanya Bahasa Indonesia di abad-19. 

Bukan itu saja, Pulau Penyengat ini sangat unik. Karena di sana, banyak sekali bukti-bukti peninggalan sejarah Kerajaan Melayu Riau. Mulai dari masjid yang lapisannya di campur dengan putih telur, makam-makan petinggi kerajaan, benteng pertahanan (yang di sebut bukit kursi), hingga rumah-rumah yang masih memiliki arsitektur rumah melayu kuno. Di sana juga tidak ada satu mobil pun yang terlihat. Bagi yang mau berkeliling pulau ini, bisa menikmati keindahannya dengan menggunakan becak motor (bemor). Di Penyengat, suasananya masih sangat khas dengan budaya tradisional. Pekerjaan penduduknya adalah becocok tanam dan melaut. Untuk menuju ke Pulau Penyengat, hanya butuh mengeluarkan uang 5 ribu perak untuk membayar jasa transportasinya, sejenis kapal kayu bermesin (disebut Pompong). Pulau Penyengat adalah salah satu tempat paling favorit yang paling sering dikunjungi penduduk lokal maupun turis asing pada saat liburan atau perayaan tertentu. Sampai-sampai ada pepatah begini "Kalau belum singgah di Penyengat, berarti tidak berkesanlah perjalanannya di Tanjungpinang". MEMANG BENAR!!


Ini dia penampakan Masjid Penyengat!! Megah kan?

Benteng pertahanan Bukit Kursi

Ini coy yang namanya pompong
Setelah menikmati suasana di perkampungan, saatnya kita pindah ke pantai-pantai yang eksotis. Sekitar 65 Kilometer dari pusat kota, tepatnya di kabupaten bintan. Ada sebuah lokasi pantai yang indah banget. Namanya Pantai Trikora. Begh!! Aku aja setiap pulang ke Tanjungpinang, pasti selalu ke sana. Gilak pantainya keren sumpah!! Pasirnya putih, suasananya so sweet begete. Di tambah deburan ombak. Buat yang galau, Aku pastiin bakal hilang galaunya kalo di sana. Disana bisa berenang sepuasnya, bisa santay-santay bareng pacar sambil nyedotin air kelapa langsung dari pohonnya. Bisa piknik bareng keluarga. Mantap dah pokoknya.

Yang bilang gak keren, berantem sini!!
Jebuuuurrrrr!!

Selain pantai Trikora, ada satu lagi pantai yang luar biasa keren. Cuma yang ini agak mahal. Tapi pas dengan kepuasan yang kita dapatin. Namanya Bintan Agro Resort. Yaps!! Ini adalah sebuah resort. Di sana pantainya lebih keren, buktinya buanyak banget bule yang ketagihan maen di sono walaupun cuma numpang sun bath doang (ketahuan Aku sering ngintipin bule bejemur yak! kwkwkw). Di sana juga terdapat penginapan-penginapan dengan view yang luar biasa. Di sana menggunakan mata uang Dollar. Memang tempat yang mahal, tapi seimbang dengan servicenya.

Sambil pijit-pijatan asoy wkwkkwkw
Pantainya beghhh!! CETARR!!

Sebenarnya masih banyak lagi yang keren-keren di sekitaran Tanjungpinang. Tapi berhubung tangan pegel, mungkin lain kali aja ya Aku posting lagi. Buat kamu-kamu yang pengen menikmati liburan di tempat-tempat keren, ayo dah cobain liburan mantap di atas. Dijamin gak bakal nyesel!!

Oke, this is the end!! Akhir kata Aku ucapin selamat menempuh hidup baru. Salam Olahraga!!


14 komentar:

  1. weh weh saya suka dengan psotingan tentang pariwisata kayak gini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga suka mas.. apalagi di ajakin liburan gratis.. hehehehe.. thanks dah mampir :D

      Hapus
  2. Hubungannya dengan menempuh hidup baru dan salam olah raga apa ya ???

    BTW penulis kapan pulang ? Ikut donkz ke hometown nya liburan :D abis menarik sekali sepertinya tempat2 yang di ceritakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hubungannya kalo menempuh hidup baru , malamnya kan olahraga wkwkkwkw

      liburan balik ntar, boleh bayar sendiri :P

      Hapus
  3. Subahanallah... saya ikutan berantem deh buat yang bilang pantainya ga keren...
    Indah banget...!

    BalasHapus
  4. uwahh.. pantai Trikora sumpah keren abiiiissss dO0Ob

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget... gak pernah bosen aku main kesono hahaha.. thx dah mampir :)

      Hapus
  5. tumben bahasanya normal ? wkwk
    kereeeeeeeen :)

    BalasHapus
  6. Ingin rasanya jalan-jalan ke Tanjung Pinang,
    tapi kok jauh ya kalo dari Semarang, Jateng

    BalasHapus

Pembaca yang baik adalah pembaca yang meninggalkan jejak komentarnya :D