Dea oh Dea [ Part 2 ] [Cerbung part 3]



Di perempatan terlihat seorang lelaki tua mendorong gerobaknya. Bajunya sudah lusuh, koyak di bagian bahu kirinya. Gorengannya terlihat masih banyak sekali, sedangkan tidak ada satupun yang menghampirinya, padahal ramai orang yang berada disana. Begitu juga Gue dan Joni. Kami hanya melewatinya. Karena apa? Karena ini kisah Gue dan Joni. Bukan kisah tukang gorengan.

Joni mempercepat laju motornya, berharap mobil yang membawa Dea masih terjangkau untuk diikuti. Namun apa daya, namanya juga motor butut, mau di gas sekenceng apa pun tetap aja lemot kayak siput yang lagi nenteng karung beras.

“Jon, besok-besok pake motor Gue aja lah ye!!” sindir Gue
“Gor…” Joni tetap fokus ngebut dengan kecepatan empat puluh kilometer per jam
“Ape?” Tanya Gue
“Lu bisa diam kaga? Kalo gak bisa diem, biar Gue aja yang diem gimana?” 
“Oke Gue diem”

Setelah perjuangan panjang, akhirnya di ufuk sana terlihatlah mobil yang sedari tadi kami kejar. Bukan karena motor ini mendadak kencang larinya, tapi karena emang mobil itu lagi berhenti karena lampu lalu lintas menunjukkan merahnya. Gue nepok jidat!

Joni menyalip kendaraan-kendaraan yang lagi berhenti di depan supaya bisa lebih dekat dengan mobil yang ditumpangi Dea. Salipan pertama, “ciaaat!!” Kepala Gue nyaris nyantol di pintu oplet. Salipan kedua, “tsaaaah!!”  Yang ini sedikit mulus, walaupun siku gue nyenggol spion motor orang. Salipan ketiga, “jederrrr!!”  Motor nabrak tiang billboard. Tapi bukan motor Joni, motor orang yang nabrak.

Akhirnya kami tepat berada di belakang mobil target sasaran. Tapi tetap saja masih belum mendapat tanda-tanda. Jendela terlalu gelap, mata kami tak mampu menembusnya. Dari spion mobil pun, jendela masih tertutup rapat.

“Asli Gue penasaran Gor!!” 
“Gue juga penasaran kali. Gue juga pengen tau siapa yang bawa Dea. Supirnya, bokapnya, cowoknya atau mungkin suaminya?”
“Bukan yang dalem mobil”
“Hah??” Gue bingung
“Gue penasaran, gimana nasib bocah yang nabrak billboard tadi” 
“…………….” Gue diam tanpa kata

Lampu lalu lintas telah berubah menjadi hijau. Misi pun dimulai lagi. Sudah sekitar sepuluh kilo meter kami mengikuti, tapi nih mobil gak ada hentinya. Tapi demi temen Gue, Gue tahan panas ini sedari tadi. Dan pada saat ini, Gue baru sadar kalau ada dua orang pemuda, yang satu gedean rambut daripada helm memakai baju basket, dan satu orang lagi yang cukup tampan walau memakai celana semi legging di siang bolong.

Kami masih mengikuti mobil target. Dan akhirnya doa Gue terkabul. Mobil berhenti di garasi sebuah rumah mewah. Joni memarkirkan motornya di depan sebuah warung, beberapa meter dari rumah itu. Gue turun berniat membeli air minum, sedangkan Joni masih duduk di atas motor memandangi mobil yang pintunya masih tertutup. Gue ngerogoh kantong celana, dan sial!! Dompet Gue di celana jeans. Gue gak bawa duit sama sekali.

“Jon, pake duit lu goceng dulu buat beli air” muka Gue udah kayak musafir yang habis jalan kaki di padang pasir
“bentar…” Joni merogoh tasnya, “Sisa goceng Gor, buat beli bensin! Lu milih bisa minum, tapi ga bisa balik atau gak minum tapi bisa balik?”

Pada saat  ini, rasanya Gue penget banget ngangkat etalase rokok yang ada di warung, terus nabokin mukanya Joni. Tapi apa daya, yang punya warung tampangnya sangar. Ada tato di lengannya, gambar tukang jamu yang dibawahnya bertuliskan “goyang pinggul”. Gue cuma bisa menarik nafas panjang, terus ngomong ke Joni “Jon, lu luar biasa” dengan nada seperti Ariel Peterpan.

Pintu mobil terbuka, dan keluar seorang laki-laki separuh baya kemudian berjalan ke arah pintu sebelah kiri. Dia membukakan pintu, Dea pun keluar. Gue memerhatikan lelaki tersebut, namun wajahnya masih samar-samar karena jarak yang lumayan jauh. Lelaki tersebut berjalan ke arah pintu masuk rumah, diikuti Dea dari belakang.

Kemudian tiba-tiba Gue tersentak karena sebuah suara parau  yang selalu saja mengganggu keheningan hidup Gue, “GOR!! ITU KAN …” 
Gue bales teriak “LU KALO NGOMONG BISA PELAN DIKIT GAK SEMPAK?”
“Oke Gue ulang!” Joni mengambil nafas panjang, kemudian bersuara layaknya banci taman lawang, “Agor, itu kan pak Robby! Pak Robby dosen kal... kal… kal… kalkurus... eh!!” Joni terdiam beberapa detik, “Kal apa Gor namanya?”
Gue nepok jidat, “Kalkulus Jon, Kalkulus” rasanya Gue pengen manjat tiang listrik terus terjun kebawah pake kepala duluan, “kenapa Gue punya temen kayak dia ya Allah” ucap Gue dalam hati
“Skip. Itu pak Robby kan? Wah, pantesan, si Dea kan bukan anak kampus, tapi bisa jadi asisten do’i. Ternyata oh ternyata”
“Mane pak robby?” Gue celingak-celinguk ngeliatin lelaki yang Joni bilang adalah dosen kalkulus Gue, “Mane gak keliatan, udah masuk dalem rumah. Salah liat kali lu”
“Gak. Gue gak mungkin salah liat Gor! Itu pak Robby. Gak nyangka Gue cewek secakep Dea mainnya sama om om, om om yang paling Gue benci di kampus” Joni ngotot
“Ah, Gue gak percaya. Mata lu kan soak. Kemaren buktinya, pas paman lu main kerumah aja lu bilang ‘maaf cari siapa ya?’” Gue ngeledek
“Oke gini aja, kita duduk disini dulu, kita tungguin mereka keluar lagi. Gimana?”
“OGAH GUE JON!! BALIK BALIK SEKARANG” Gue nolak mentah-mentah
“Pliiiiiiissss!!” Joni mengeluarkan jurus muka melas ala anak tuyul yang belum di tete’in

Entah kenapa, sebenarnya Gue juga penasaran, tapi gak mau nungguin lama-lama cuma buat ngeliatin orang yang Joni bilang pak Robby. Tapi apa daya, sekali lagi Gue kasian, maksud Gue, Gue pengen muntah ngeliatin muka Joni saat ini, walaupun gak iklash Gue iyain permintaan Joni, mana tau ini permintaan terakhirnya. Amiiin!!

Langit pun perlahan menampakkan kegelapan. Gue udah gak tau sudah berapa jam nungguin di warung ini. Untung saja yang punya warung berbaik hati memberikan sebotol air mineral gratis. Mungkin karena kasihan melihat Gue yang sedari siang cuma bisa ngeliatin barisan botol-botol minuman yang berjejer rapi di sebalik pintu kulkas yang transparan. Namun, masalah baru datang. Perut Gue mulai bergemuruh, tanda cacing-cacing sudah melebarkan spanduk demo dan berorasi dengan pengeras suaranya.

“Jon, balik yuk! Udah malem nih. Besok aja kita kesini lagi, kalo gak kita ikutin dari kampus. Oke Jon?”
“Bentar lagi Gor! Sepuluh menit lagi pasti keluar, Gue janji” Joni berusaha memberi keyakinan kepada Gue yang udah mulai resah dengan keadaan perut
“Janji apaan lu? Dari tadi bilangnya bentar bentar mulu!” 
“Gue janji kalo lu tewas kelaperan, Gue bakal ngabarin keluarga lu” 
“ANJING!!”

Mata Gue berat banget, Gue capek udah seharian ngikutin nih anak. Dari pagi sampe jam segini. Mana belom mandi lagi. Akhirnya Gue mutusin buat senderan di kursi warung untuk sekedar melemaskan otot-otot Gue yang tegang.

 “Jon, ntar lu bangunin Gue kalo dah ada tanda-tanda ye. Gue capek bener sumpah!! Kalo lu tinggalin Gue, Gue bakal bakar rambut lu tanpa sisa. Sumpah!!” Ancam Gue
“Oke bos Agor” Joni menjawab, namun matanya masih saja tertuju ke arah pintu rumah tersebut

Gue merasakan ketenangan untuk beberapa menit. Sampai akhirnya…
“Gor, woi Gor!!” Joni menggoyang-goyangkan badan Gue yang terkulai lemas tak berdaya,  seolah habis diperkosa selusin wanita
“Apaan? Udah ada tanda? Ayok gerak yok. Ngantuk banget Gue”
“Belum Gor. Gue cuma pengen nanya sama lu, menurut lu kalo Gue potong rambut ala boyband gitu keren gak kira-kira?” tanya Joni sambil melancip-lancipkan rambutnya yang lebih mirip sapu ijuk
“Sekali lagi lu bangunin Gue buat yang ga penting, demi dewa kerang Gue tabok lu pake titit Gue!!”

Gue menyambung mimpi Gue yang tertunda. Mimpi jedotin kepala Joni ke aspal, lalu ngelindes kepalanya pake truk kontainer. Gue pun terlelap.

“Mas bangun, Mas!!” terdengar suara sayup-sayup, namun Gue masih setengah sadar
“Jangan om, jangan!! Saya masih perjaka om!! Punya kawan saya aja, udah biasa di anu, jadi lebih asik keluar masuknya om!! Jangan saya!! JANGAAAAAAAAANN” Joni berteriak keras

Gue pun tersentak, tersadar karena auman si bangke. Gue melihat sekeliling, dan Gue lihat tukang warung menyodok-nyodokkan batang sapu ke badan Joni. Gue baru ngeh, kalo Joni ngimpi di tusbol sama om om.

“Mas kenapa tidur di sini? Saya mau beres-beres buat buka warung”
“JONI SEMPAAAAAAAKK!! LU KETIDURAN JUGA NJING!! BANGUN LU SINI!! BERANTEM AJA KITA BANGSAAATTTT”

***

2 komentar:

  1. wkwkwkw Joni Joni Apes banget dah sepertinya punya kawan seperti dirimu sampai-sampai mimpi pun di tusbol om-om =))

    BalasHapus

Pembaca yang baik adalah pembaca yang meninggalkan jejak komentarnya :D